spot_imgspot_img

Tarik Minat Bertani, Pemkab Rembang Ajak Pelajar Ikuti Panen Raya

REMBANG, suaramuria.com – Kurangnya minat bertani generasi muda menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Rembang. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang mengajak pelajar SMA dan SMK mengikuti panen raya di desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengungkapkan tidak ingin remaja atau generasi Z meninggalkan pertanian. Pihaknya memperlihatkan modernisasi pertanian, sehingga menarik minat bertani para remaja. “Kita ingin menunjukkan bahwa pertanian sekarang tidak seperti yang dulu. Nyangkul, mbajak dengan sapi dan sebagainya, tapi semuanya sudah pakai alat dan bersih, ” tuturnya.

Para pelajar diajak mengoperasikan berbagai jenis alat mesin pertanian (alsintan), seperti transplanter mesin untuk menanam padi, harvest combine mesin pemanen padi, rotavator mesin pengolah lahan hingga drone penyemprot pestisida.

Kita sudah ajak perwakilan dari SMA 2, SMKN 1, SMKN 2, SMK Walisongo, SMK Muhammadiyah, mereka berlatih mengoperasikan alsintan, harapannya mereka memberi pesan kepada yang lain bahwa pertanian berharap ada keterlibatan anak- anak kita, sehingga nanti bersambung, tidak ada kesulitan pangan sepanjang kita menyiapkan kader- kader kita, ” ungkapnya.

Willi Joniarto, salah satu peserta panen raya menuturkan alsintan membuat semua proses bertani menjadi lebih mudah dan cepat. “Senang baru pertama kali ikut panen padi, jadi punya pengalaman baru. Tadi mencoba transplanter mesin tanam padi, jadi lebih cepat dari pada tenaga manusia , ” ungkapnya.

Dengan sistem mekanisasi atau peralatan modern pertanian, keuntungan petani akan lebih banyak. Dari analisa kelompok tani desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori,  dengan sistem manual, keuntungan per hektarnya Rp 19 juta lebih sedangkan dengan sistem mekanisasi mendapat keuntungan Rp 25 juta lebih (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts