spot_imgspot_img

Tekan Penyebaran TBC, Pemkab Rembang Skrining Penghuni Rutan

REMBANG, suaramuria.com – 129 warga binaan Rumah Tahanan Rembang mengikuti skrining penyakit Tuberkulosis atau TBC, Kamis (14/9/2023). Hal ini merupakan komitmen pemerintah dalam penanganan TBC sebagai salah satu penyakit menular yang menjadi perhatian dunia.

dr. Maria Rehulina, M.Kes (Epid) Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengatakan skrining TBC paru memang menjadi perhatian pemerintah pusat.  Peraturan Presiden nomor 67 tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis mengamanatkan elinimasi TB paru di Indonesia pada tahun 2030, sedangkan di Jawa Tengah tahun 2028.

Pemkab Rembang terus mengupayakan penemuan kasus TB paru. TBC ini menyerang segala usia dan harus mendapatkan pengobatan secara tuntas. Pengobatan TB paru ini tidak dipungut biaya. Bagi anak- anak penyakit yang salah satu gejalanya batuk sampai dua minggu itu dapat mengganggu tumbuh kembang. Anak dengan stunting ini juga beresiko terkena TBC., begitupun sebaliknya.

Bagi usia remaja dan dewasa terkena TBC membuat mereka menjadi tidak produktif. Sehingga harus mendapatkan pengobatan penuh selama 6 bulan, ” imbuhnya

Sementara itu Irwanto Dwi Yhana Putra, A.Md,IP, S.Sos, M.A Kepala Rutan Kelas IIB Rembang menuturkan kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Hukum dan HAM. Skrining TBC ini juga dilaksanakan di Lapas dan Rutan se Indonesia guna membantu pemerintah dalam pengendalian TBC.

Ini salah satu bentuk kepedulian kami mencegah penularan penyakit ini. Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan screening awal, yaitu oendataan kesehatan, oengecekan gejala yang timbul dan hari ini screening dan tes cek molekular” pungkasnya. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts