spot_imgspot_img

Demo Nelayan, Bupati Janji Sampaikan Tuntutan ke Pemerintah Pusat 

REMBANG, suaramuria.com – Demo ribuan nelayan Rembang menolak kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tergelar di depan Gedung DPRD Rembang,  Rabu (11/1/2023).

Perwakilan nelayan, Gunadi mengatakan, nelayan menolak kebijakan KKP tentang sejumlah aturan baru yang dinilai memberatkan para nelayan. Diantaranya menolak tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mencapai 10 persen yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2021, karena dinilai memberatkan nelayan di tengah pengurangan subsidi BBM dan saat ini masuk musim paceklik.

Mereka juga menolak Peraturan Menteri Kelautan Perikanan ( Permen KP ) tentang penempatan alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) dan laut lepas serta penataan andon penangkapan ikan tentang penggunaan alat tangkap jaring berkantong yang hanya mendapatkan WPP 711 (30 mil ke atas) dan WPP 712. Nelayan juga meminta penambahan ke WPP 713.

“Tuntutan  menolak PNBP pasca produksi dengan indeks tarif 10 persen dan meminta pemberlakuan maksimal tidak lebih dari 3 persen. Dua meminta harga BBM industri khusus nelayan, menolak sanksi administrasi 1000 persen, menolak kebijakan penangkapan ikan terukur, lima meminta WPP RI 713 untuk kapal alat tangkap jaring berkantong, enam meminta Perda perlindungan nelayan terkait transaksi keuangan di TPI, ” ungkapnya.

Menanggapi sejumlah tuntuk pendemo, Bupati berjanji akan mendampingi nelayan untuk audiensi ke pemerintah pusat.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menandatangani komitmen segera meneruskan tuntutan nelayan ke pemerintah pusat. Tak berselang lama setelah Bupati menemui nelayan, para peserta aksi demo membubarkan diri dengan tertib. Arus lalu lintas yang sempat tersendat kembali normal. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts