spot_imgspot_img

Wajib Coba! Lezatnya Petis Balungan Sapi Khas Pati

PATI,suaramuria.comKabupaten Pati menyimpan segudang potensi kuliner yang layak masuk daftar wajib coba saat berkunjung ke daerah ini. Salah satunya petis balungan sapi Khas Pati.

Kuliner ini menjadi buruan warga pemudik yang datang ke Pati, atau melintas di wilayah Kabupaten Pati.

Petis ini adalah olahan gulai tulang sapi yang dicampur dengan tepung beras sangrai, rebusan daging, dan kuahnya kental. Selain tulang sapi, tulang kambing juga menjadi varian lain menu khas ini.

BACA JUGA : Warga Gondangmanis Kenalkan Kuliner Khas Baru Nyamplung Telo dan Pecel Gondang

Menu ini banyak dikenal dengan Petis Runting lantaran diambil dari nama sebuah daerah di Pati, yakni dukuh Runting.

Untuk bisa menikmati petis balungan sapi khas Pati ini, banyak warga Runting yang berjualan kuliner ini. Salah satu tempat yang terkenal menjual petis balungan sapi yakni warung Petis Runting Pak Lasjan di Desa Payang, Kecamatan Pati Kota.

Uniknya bila biasanya petis berisi tetelan daging kambing,di warung Pak Lasjan memilih balungan sapi.

Sebagai tambahannya setiap porsinya juga dilengkapi lima tusuk sate sapi. Sehingga penuh akan daging. Harganya pun relatif terjangkau. Untuk setiap porsi menu ini, pembeli hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 37 ribu.

“Baru dua bulanan ini membuat petis balungan sapi. Kalau dulu petis balungan kambing. Ternyata banyak yang suka dengan petis sapi ini,” ujar Darmini, pemilik Warung Petis Pak Lasjan.

Momentum Lebaran

Momentum lebaran seperti sekarang ini, tingkat animo pembelinya justru meningkat. Warungnya banyak jadi jujukan. Bahkan saat libur lebaran warungnya tetap buka dari pagi hingga malam.

Jika ramai, dalam sehari dia bahkan bisa menghabiskan 12 hingga 20 kilogram balungan daging sapi. Sementara untuk sate dia mengaku bisa menghabiskan sekitar empat kilogram daging sapi.

“Kalau mau untuk oleh-oleh pun bisa. Karena petis ini bisa tahan hingga dua hari. Kalau untuk oleh-oleh keluar kota bisa juga, karena ada juga melayani seperti itu. Kita masukkan freezer dulu sebelum dikirim,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts